MATERI Manajemen disekolah adalah materi pada kelas X semester dua, istilah manajemen bagi anak sekolah manurut penulis masih belum populer,sehingga penulis berusaha membuat artikel ini agar siswa lebih mengenal apa itu manajemen dan bagaimana manajemen itu dapat diterapkan dalam organisasi di sekolah.
Pengertian Manajemen secara umum adalah Ilmu dan seni tentang upaya unrtuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. ( Buku ekonomi kelas XII terbitan Yudistira edisi kedua ).
Sedangkan pengertian Manajemen menurut para ahli diantaranya menurut Stoner adalah Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pemimpinan dan Pengawasan usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Menurut Henry Fayol untuk menjalankan proses manajemen seorang manajer harus memiliki keahlian khusus diantaranya, Ketrampilan teknis (Technical skill), Ketrampilan manusiawi/social (Human skill) dan Ketrampilan konseptual (Conceptual skill).
Sedangkan menurut George R Terry Manajemen memiliki beberapa fungsi yaitu Fungsi Perencanaan (Planning), Fungsi Pengorganisasian (Organizing), Fungsi Penggerakan (Actuating) dan Fungsi Pengawasan (Controlling).
Dengan demikian sebenarnya manajemen akan selalu ada pada setiap kgiatan manusia karena manusia akan selalu bekerjasama dan berkumpul,sehingga untuk menjalankan suatu organisasi apapun bentuknya maka dibutuhkan penerapan manajemen.
Pada pembelajaran kali ini penulis mengajar di kelas X IPS.1 SMA Negeri 1 Kradenan. Sebelum anak-anak melaksanakan kegiatan tentang manajemen, penulis memberikan penjelasan secara menyeluruh agar dalam pelaksanaan kegiatan nanti secara teori anak sudah memiliki bekal dan ilmu tentang manajemen.
Kemudian penulis membagi beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 6 atau 7 siswa per kelompok, masing-masing kelompok dapat memilih satu organisasi yang ada disekolah dan menyiapkan materi yang sekiranya belum jelas untuk ditanyakan secara langsung serta bagaimana cara pelaksanaannya secara langsung.
Setelah masing-maing kelompok memilih organisasi yang dipilih serta menyiapkan pertanyaan-pertanyan tentang pelaksanaan manajemen misalnya tentang Bagaimana Membuat perencanaan yang baik, mengorganisasi pegawai dengan baik, menggerakkan organisasi dan bagaimana cara pengawasannya dalam organisasi itu.
Penulis memberikan waktu 6 hari untuk belajar di masing-masing organisasi tersebut. Pada pembelajaran akhir masing masing kelompok melaksanakan presentasi dari hasil pembelajaran secara langsung pada salah satu organisasi sekolah SMA N 1 Kradenan yang mereka pilih, dalam presentasi itu setiap kelompok harus dapat menampilkan proses manajemen pada organisasi tersebut mulai dari pembuatan Perencanaan, Mengorganisasi, Menggerakkan dan Mengontrol.
Setelah semua kelompok melaksanakan presentasi kemudian masing masing siswa membuat kesimpulan sebagai penilaian individu. Dengan pembelajaran dilapangan secara langsung siswa dapat lebih mudah untuk memahami dan mengerti apa itu manajemen dan bagaimana manajemen itu dapat dilaksanakan dalam suatu organisasi sehingga pmbelajaran yang seperti ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMAN 1 Kradenan untuk mata pelajaran ekonomi. (ti1/zal).
Penulis : Drs. Mohamat Sofyanto. Guru SMA N 1 Kradenan.
Artikel ini telah tayang di :
https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/02/23/belajar-manajemen-melalui-organisasi-di-sekolah/
Copyright © Radar Semarang Digital.